LAPORAN PRAKERIN (PKL) TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (TGB)


Untuk Download File Wordnya silahkan klik link dibawah ini:

Passdword : KHOIRUL240201ANAM






­­­­LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
MODELING 3D PASAR KERING CILAMAYA
KABUPATEN KARAWANG
SEBAGAI PROYEK H&R ARSITEKTUR

Disusun guna memenuhi persyaratan Ujian Praktek Kerja Lapangan dan melengkapi persyaratan untuk menempuh Ujian Kompetensi LSP-P1 SMK Negeri 2 Wonogiri
Tahun Pelajaran 2018/2019

Disusun oleh :
Nama                                     : Khoirul Anam
Kelas                                     : XII TGB-D
NIS                                        : 5087
Program Keahlian                 : Teknik Gambar Bangunan

SMK NEGERI 2 WONOGIRI
Jl. Raya Wonogiri – Ngadirojo Km. 3, Bulusari, Bulusulur, Wonogiri
Tahun Pelajaran 2018/2019






HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN
A.      MOTTO
1.         Tidak cukup kita sekadar punya target untuk diraih. Tetapi dibutuhkan tekad baja, mental pantang menyerah, dan terus fokus, fokus, dan fokus dalam memperjuangkannya. (Andrie Wongso)
2.         Kekuatan dari kebiasaan yang terlatih dan fokus pada tujuan akan mampu mengubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.Tetap teguh, pantang menyerah, dan selalu berusaha menjadi yang terbaik. (Andrie Wongso)
3.         Orang sukses adalah orang yang biasa-biasa saja, tapi yang memiliki ketetapan, keuletan dan ketangguhan hati yang luar biasa. (Sigit Pramana Putra)
4.         Sukses itu tergantung pada diri kita, semua orang berhak untuk sukses namun tinggal kita mau berkorban atau tidak, berkorban waktu, pikiran, tenaga, mental dsb. serta senantiasa untuk selalu bersyukur. (Khoirul Anam)
5.         Bukan seberapa cerdas diri kita tetapi seberapa ulet dan tangguhnya kita untuk menghadapi berbagai rintangan dan masalah yang menghalagi untuk kita bisa sukses. (Khoirul Anam)

B.       PERSEMBAHAN
1.         Kedua orang tua penulis yang telah memberi semangat dan dukungan hingga sekarang ini.
2.         Bapak Drs. Suwandi, MM selaku Kepala SMK Negeri 2 Wonogiri.
3.         Bapak Sarjoko, S.Pd selaku Kepala Program Teknik Gambar Bangunan.
4.         Bapak Sri Mulyanto, S.Pd selaku pembimbing.
5.         Ibu Esti Ira Santi, ST selaku wali kelas XII TGB D.
6.         Bapak/Ibu Guru, Staff dan Karyawan SMK Negeri 2 Wonogiri.
7.         Bapak Hendra Prasetya, ST selaku Direktur & Prinsipal H&R Arsitektur beserta seluruh jajaran yang telah menerima penulis untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
8.         Para pembimbing lokasi, teknisi dan karyawan yang sehari-harinya telah memberikan segenap ilmunya kepada penulis.
9.         Seluruh pihak yang tidak mampu penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu, memotivasi, memudahkan penulis dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan serta menyusun laporan ini.



KATA PENGANTAR
Segala puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulis dapat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan dapat menyelesaikan  laporan ini.
Laporan ini disusun berdasarkan hasil Praktek Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan oleh penulis. Selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan maupun penyusunan laporan, penulis banyak mendapat bantuan dan bimbingan berbagai pihak sehingga laporan ini dapat terselesaikan, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.         Kedua orang tua penulis yang telah memberi semangat serta dukungan hingga sekarang ini.
2.         Bapak Drs. Suwandi, MM selaku Kepala SMK Negeri 2 Wonogiri.
3.       Bapak Sarjoko, S.Pd selaku Kepala Program Teknik Gambar Bangunan.
4.         Bapak Sri Mulyanto, S.Pd selaku pembimbing.
5.       Ibu Esti Ira Santi, ST selaku wali kelas XII TGB D.
6.         Bapak/Ibu Guru, Staff dan Karyawan SMK Negeri 2 Wonogiri.
7.         Bapak Hendra Prasetya, ST selaku Direktur & Prinsipal H&R Arsitektur beserta seluruh jajaran yang telah menerima penulis untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
8.         Para pembimbing lokasi, teknisi dan karyawan yang sehari-harinya telah memberikan segenap ilmunya kepada penulis.
9.         Seluruh pihak yang tidak mampu penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu, memotivasi, memudahkan penulis dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan serta menyusun laporan ini.
Sekalipun penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam penyusunan laporan ini tentunya tidak lepas dari segala kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun baik untuk kesempurnaan laporan ini maupun untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam proses pembelajaran selanjutnya. Akhir kata, penulis berharap mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca dan bagi diri penulis khususnya.

                                              Wonogiri,     November 2018
Penulis

Khoirul Anam
NIS. 5087



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .........................................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING BENGKEL ............................................     ii
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING SEKOLAH ............................................    iii
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN ...............................................................    iv
KATA PENGANTAR ......................................................................................................     v
DAFTAR ISI .....................................................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................................  vii
DAFTAR LAMPIRAN ......................................................................................................
viii
BAB I             PENDAHULUAN
1.1.       Tujuan Praktek Kerja Lapangan ..............................................................  1
1.2.       Tujuan Penulisan Laporan Hasil Praktek Kerja Lapangan ......................  1
BAB II                        URAIAN UMUM
2.1.       Sejarah Berdirinya Bengkel/Institusi .......................................................  2
2.2.       Denah Lokasi Bengkel/Institusi ...............................................................  3
2.3.       Stuktur Organisasi ...................................................................................  3
2.4.       Disiplin Kerja ...........................................................................................  4
2.5.       Pemeliharaan Alat dan Tempat Kerja ......................................................  4
2.6.       Keselamatan Kerja dan Lingkungan Kerja ..............................................  4
BAB III                      URAIAN KHUSUS
3.1.       Judul Pekerjaan ........................................................................................  5
3.2.       Landasan Teori ........................................................................................  5
3.3.       Kompetensi yang Dicapai ........................................................................  6
3.4.       Permasalahan yang Dihadapi ...................................................................  7
3.5.       Pemecahan Permasalahan ........................................................................  7
3.6.       Persiapan Alat, Bahan dan Keselamatan Kerja .......................................  7
3.7.       Uraian Langkah Kerja dan Gambar Kerja.............................................. 11
BAB IV                      PENUTUP
4.1.       Kesimpulan ............................................................................................  22
4.2.       Saran ......................................................................................................  22
LITERATURE (KEPUSTAKAAN) ..................................................................................  24
LAMPIRAN .......................................................................................................................  25
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1.    Denah Lokasi ...............................................................................................  3
Gambar 2.2.    Struktur Organisasi ......................................................................................  3
Gambar 3.1.    Alat Kerja Komputer atau Laptop ................................................................  7
Gambar 3.2.    Alat Kerja Mouse .........................................................................................  8
Gambar 3.3.    Alat Kerja Flashdisk...................................................................................... 8
Gambar 3.4.    Alat Kerja Software AutoCad....................................................................... 8
Gambar 3.5.
   Alat Kerja Software SketchUp .....................................................................  9
Gambar 3.6.
   Bahan Kerja Autocad 2D (Denah Lantai 1) .................................................  9
Gambar 3.7.
    Bahan Kerja Autocad 2D (Denah Lantai 2) ...............................................  10
Gambar 3.8.
   Import File AutoCad ke SketchUp .............................................................  11
Gambar 3.9.    Import File AutoCad ke SketchUp .............................................................  11
Gambar 3.1.1. Membuat Denah Lantai 1 di SketchUp........................................................
12
Gambar 3.1.2. Membuat Denah Lantai 2 di SketchUp....................................................... 12
Gambar 3.1.3. Modeling Kolom Menggunakan SketchUp ...............................................  13
Gambar 3.1.4. Modeling Kolom lantai 2 Menggunakan SketchUp
..................................  13
Gambar 3.1.5. Download Material di Warehouse .............................................................  14
Gambar 3.1.6. Modeling Dinding Lantai 1 Menggunakan SketchUp ...............................  14
Gambar 3.1.7. Modeling Dinding Lantai 2 Menggunakan SketchUp
...............................  15
Gambar 3.1.8. Modeling Rangka dan Penutup  Atap ........................................................  15
Gambar 3.1.9. Modeling Rangka dan Penutup  Atap ........................................................  16
Gambar 3.2.1. Hasil Akhir Penutup  Atap .........................................................................  16
Gambar 3.2.2. Modeling Material Tambahan Menggunakan SketchUp ...........................  17
Gambar 3.2.
3. Memberi Teksture Menggunakan SketchUp .............................................  17
Gambar 3.2.
4. Hasil Akhir Teksturing Menggunakan SketchUp....................................... 18
Gambar 3.2.5. Membuat Layout Menggunakan SketchUp................................................ 18
Gambar 3.2.6. Membuat Layout Menggunakan SketchUp................................................ 19
Gambar 3.2.7. Peletakan Modeling pada Layout Menggunakan SketchUp....................... 19
Gambar 3.2.8. Hasil Akhir Modeling 3D SketchUp........................................................... 20
Gambar 3.2.9. Hasil Akhir 3D Animasi Lumion................................................................ 20
Gambar 3.3.1. Hasil Akhir 3D Animasi Lumion................................................................ 21
Gambar 3.3.2. Hasil Akhir 3D Animasi Lumion................................................................ 21
Gambar 3.3.3. Hasil Akhir 3D Animasi Lumion................................................................ 21



DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1                  Identitas Dunia Usaha/Industri Dan Identitas Siswa Peserta Prakerin
Lampiran 2                  Tata Tertib Prakerin
Lampiran 3                  Formulir Kegiatan Siswa
Lampiran 4                  Daftar Nilai
Praktek Kerja Lapangan
Lampiran 5                  Pengamatan Fotocopy Surat Keterangan / Sertifikat Bengkel
Lampiran 6                  Dokumentasi Foto
Lampiran 7                  Lembar Konsultasi Penulisan Laporan


BAB I
PENDAHULUAN
Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dilaksanakan oleh seluruh siswa/siswi kelas XII SMK Negeri 2 Wonogiri selama 3 bulan mulai tanggal 1 Juli 2018 sd 30 September 2018 dimana seluruh siswa berada di dunia industri sesuai dengan program keahlian masing-masing siswa.

1.1.       Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
a.         Meningkatkan, memantapkan dan memperluas keterampilan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan pragram keahlian yang dimilikinya.
b.         Membuka cakrawala berpikir siswa dan lebih mendekatkan dirinya dengan lapangan profesional kelak.
c.         Menumbuhkan sikap disiplin, bertanggung jawab dan sikap profesional dalam menyelesaikan pekerjaan yang sangat diperlukan oleh siswa untuk menekuni bidang yang sesuai dengan keahlian dan ketrampilannya.
d.         Memperluas cakrawala siswa terhadap jenis-jenis kerja dibidang yang bersangkutan (tempat praktek) dengan segala persyaratan.
e.         Memperoleh masukan (timbal balik) dari dunia kerja industri untuk memantapkan dan mengembangkan program pendidikan serta untuk kemajuan siswa.
f.          Menjadikan sebuah sarana bagi siswa untuk megukur keahlian dan keterampilannya dalam dunia kerja secara langsung.

1.2.       Tujuan Penulisan Laporan PKL
a.         Sebagai sarana bertukar pikiran dan  pengalaman antar siswa mengenai apa yang didapatkan dari tempat masing-masing siswa melaksanakan Praktek Kerja Industri.
b.         Sebagai sarana untuk mengetahui perkembangan siswa setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
c.         Sebagai sarana untuk kita bisa terus mengembangkan kemampuan kita terutama dalam mental dan juga kemampuan komunikasi melalui presentasi.




BAB II
URAIAN UMUM
2.1.       Sejarah Berdirinya Bengkel/Institusi
H&R Arsitektur adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan perencana bangunan, salah satu kantor cabang Hendra Budi Grup (HBG) yang didirikan oleh Bp. Hendra Budi Prastya, ST sejak tahun 2012.
Hendra Budi Grup (HBG) bergerak dalam bidang usaha Pariwisata dan Arsitektur. Berawal dari bisnis sewa mobil yang beliau jalani setelah lulus kuliah kemudian beliau menemukan sebuah  potensi bisnis dalam bidang arsitektur. Akhirnya bertekad untuk membuka usaha dibidang arsitektur. Berawal dari bawah yang awalnya tempat kerjanya hanya di kamar Pak Hendra sendiri kemudian terus berkembang dari mulai memiliki kantor sendiri sampai sekarang ini sudah memiliki kurang lebih 8 cabang dibeberapa kota seperti Kota Yogyakarta: H&R Arsitektur, H&R Tour Travel, Selaras Arsitek, 3D Ambience, Zada Interior, Mitra Prima Kontraktor, Kota Solo: Arkana Arsitek, Kota Batam Kepulauan Riau: Tristan Arsitek dan Kota Palangkaraya: Sangkara Arsitek.
Lingkup pelayanan H&R Arsitektur mencakup desain arsitektur secara makro ataupun mikro dengan tipe arsitektur yang bermacam-macam seperti bangunan komersial, residensial, area publik, dll.
Pelayanan H&R Arsitektur dalam mendesain arsitektur sudah memiliki pengalaman dan didukung oleh tim yang ahli di bidangnya. Keunggulan desain gambar H&R Arsitektur yaitu konsep yang update terhadap perkembangan arsitektur. Selain itu, presentasi detail gambar yang mudah dipahami sehingga gambar dapat diterapkan tenaga pelaksana di lapangan.
H&R Arsitektur menmiliki visi menjadi sebuah perusahaan konsultan perencana bertaraf internasional, dan mempunyai kontribusi besar dalam pembangunan negara Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut diperlukan sebuah misi yaitu mengembangkan karya arsitektur yang berkualitas, menerapkan “Konsep Desain Green Architecture” sebagai respon terhadap fenomena global warming, selalu menjadi trendsetter desain dan selalu terdepan dalam kualitas dan pelayanan konsumen yang terbaik dan professional, menjadi sebuah perusahaan konsultan perencana berbasis bisnis.




2.2.       Denah Lokasi Bengkel/Institusi
Gambar 2.1. Denah Lokasi Perusahaan

2.3.       Struktur Organisasi
Gambar 2.2. Struktur Organisasi Perusahaan
2.4.       Disiplin Kerja
Dalam H&R Arsitektur ini sangat mengutamakan akan disiplin dan sopan santun dalam bekerja yang harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, antara lain:

2.4.1.      Pengabsenan
a.         Setiap karyawan yang masuk kerja diwajibkan melakukan pengabsenan dengan melakuka finger print setiap pagi dan sorenya atau sebelum jam kerja dan sebelum pulang bekerja.
b.        Setiap karyawan yang meninggalkan bengkel atau ada keperluan untuk keluar, maka diwajibkan melapor kepada pihak yang bersangkutan.
c.         Setiap karyawan yang tidak masuk kerja diwajibkan membuat surat izin atau meminta izin untuk tidak masuk kerja.

2.4.2.      Jam Kerja
a.         Hari Senin sd Jum’at                              : Pukul 08.00-17.00 WIB
b.        Hari Sabtu                                               : Pukul 08.00-15.00 WIB
c.         Istirahat, Sholat, Makan                         : Pukul 12.00-13.00 WIB

2.5.       Pemeliharaan Alat dan Tempat Kerja
a.         Membersihkan seluruh bagian kantor sebelum memulai kerja baik itu tempat bekerja, sarana maupun seluruh lingkungan kantor.
b.         Menjalankan peralatan sesuai dengan pengoperasian yang baik dan benar.
c.         Mengembalikan peralatan ke tempat semula setelah digunakan
d.         Membuang sampah pada tempatnya.
e.         Mengatur dan merapikan kembali tempat kerja setelah bekerja.

2.6.       Keselamatan Kerja dan Lingkungan Kerja
a.         Setiap karyawan wajib berdoa bersama sebelum memulai pekerjaan.
b.         Saat melakukan pekerjaan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi kecelakaan kerja.
c.         Saat melakukan pekerjaan juga harus dengan prosedur yang benar agar tidak merusak lingkungan untuk bekerja.
d.         Saat melakukan pekerjaan pikiran harus tenang dan kondisi tubuh dalam keadaan sehat agar tidak terjadi hal yang diinginkan.



BAB III
URAIAN KHUSUS
3.1.       Judul Pekerjaan
Modeling 3D Pasar Cilamaya Kabupaten Karawang sebagai Proyek H&R Arsitektur
Dalam kegiatan praktek kerja di H&R Arsitektur, banyak sekali perkerjaan diberikan untuk penulis baik modeling 3D, gambar kerja 2D, Corel dan lain-lain, salah satunya penulis diberikan pekerjaan untuk membuat modeling 3D sketchup pasar kering daerah Karawang yang akan digunakan untuk pembuatan animasi 3D lumion yang kemudian akan digunakan untuk bahan presentasi terkait pembangunan pasar.

3.2.       Landasan Teori
3.2.1.      Desain
Desain adalah garis besar, sketsa atau rencana, seperti dalam kegiatan seni, bangunan, gagasan tentang mesin yang akan diwujudkan. Menurut Dedi Nurhadiat, Desain adalah perencanaan untuk mewujudkan suatu gagasan. Menurut Dudy Wiyancoko, Desain adalah segala hal yang berhubungan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.

3.2.2.      SketchUp
SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Trimble (Wikipedia). Awalnya SketchUp dikembangkan oleh Google sejak tahun 2000 sampai dengan 2012 kemudian dibeli oleh perusahaan Trimble pada tahun 2012 dan masih dikembangkan hingga sekarang ini. Sebuah software berbasis 3D yang digunakan dalam bidang teknik sipil, arsitektur, pembuatan game dan lain-lain.

3.2.3.      Modeling
Modeling adalah proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D pada komputer. Model bisa berupa karakter (makhluk hidup), seperti manusia, hewan, atau tumbuhan atau berupa benda mati, seperti rumah, mobil, peralatan, dan lain-lain. Model harus dibuat dengan mendetail dan sesuai dengan ukuran dan skala pada sketsa desain atau model yang telah ditentukan sebelumnya sehingga objek model akan tampak ideal dan proporsional untuk dilihat.

3.2.4.      Texturing
Texturing adalah proses pembuatan dan pemberian warna dan material (texture) pada objek yang telah dimodelkan sebelumnya sehingga akan tampak suatu kesan yang nyata. Pemberian material atau texture pada objek 3D akan mendefinisikan rupa dan jenis bahan dari objek 3D. Material atau texture dapat berupa foto atau gambar yang dibuat dengan aplikasi software 3D, seperti 3ds max, sketchup, dan lain-lain, atau dengan bantuan software digital imaging, seperti photoshop, photoPaint, dan lain-lain.

3.2.5.      Layout
Layout adalah suatu denah yang dilengkapi dengan lingkungan, jalan, dan bangunan di sekitarnya, sehingga menambah kelengkapan gambar berdasarkan kondisi yang ada pada lapangan secara langsung.

3.3.       Kompetensi yang Dicapai
a.         Praktikan dapat mengembangkan kemampuan untuk membuat desain arsitektur yang memuaskan baik dari segi estetika maupun konstrusinya.
b.        Praktikan dapat memiliki pengetahuan memadai tentang sejarah dan teori-teori arsitektur serta seni, teknologi, dan ilmu humaniora yang terkait.
c.         Praktikan dapat mengembangkan pengetahuan memadai tentang desain urban, perencanaan, dan keterampilan yang terlibat dalam proses perencanaan arsitektur.
d.        Praktikan dapat memiliki pemahaman tentang hubungan antara manusia dan bangunan serta antara bangunan dan lingkungan, dan kebutuhan untuk menghubungkan bangunan dengan ruang-ruang diantara mereka demi kebutuhan manusia.
e.         Praktikan dapat menggali pemahaman tentang profesi arsitektur dan peran Arsitek dalam masyarakat.
f.          Praktikan dapat mengoperasikan program aplikasi untuk menunjang profesi sebagai Arsitek.
3.4.       Permasalahan yang Dihadapi
a.         Waktu yang cukup singkat karena hampir semua pekerjaan mendekati deadline.
b.        Listrik padam karena adanya pemadaman bergilir dari pihak PLN.
c.         Keterbatasan pengetahuan praktikan saat mengoperasikan perintah-perintah asing di aplikasi yang tersedia.

3.5.       Pemecahan Permasalahan
a.         Menerapkan sistem kerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaan agar dapat selesai sesuai dengan deadline yang telah disepakati bersama dengan klien.
b.        Mengaktifkan fitur simpan otomatis (automatic save) setiap 5-10 menit supaya hasil kerja tetap aman sekalipun listrik padam.
c.         Mencari referensi (tutorial) di internet lewat YouTube dengan menggunakan akses Wi-Fi yang tersedia. Jika tidak ada, bisa langsung tanya ke pembimbing bengkel.

3.6.       Persiapan Alat, Bahan dan Keselamatan Kerja
3.6.1.      Persiapan Alat Kerja
a.         Komputer /Laptop
Gambar 3.1. Alat Kerja Komputer atau Laptop

a)        Spesifikasi Hardware Komputer
1.        Sistem Operasi Windows 7/ 8/ 8.1/10 64 Bit.
2.        Kecepatan Prosessor minimal 1 GHz.
3.        Kapasitas RAM minimal 4 GB.
4.        Kapasitas ruang kosong Hardisk minimal 500 MB.
5.        VRAM minimal 512 MB.
6.        OpenGL 3.0
7.        Terinstal Internet Explorer minimal versi 9.0.
8.        Terinstal NET Framework 4.5.2.
b.         Mouse
Gambar 3.2. Alat Kerja Mouse Laptop/Komputer

c.          Flashdisk
Gambar 3.3. Alat Kerja Flashdisk

d.         Software AutoCad
Gambar 3.4. Alat Kerja Software AutoCad
Software AutoCad yang digunakan minimal tahun 2007.



e.         Alat Kerja Software SketchUp







Gambar 3.5. Alat Kerja Software SketchUp
Software SketchUp  yang digunakan minimal versi 8.

3.6.2.      Persiapan Bahan Kerja
Gambar 3.6. Bahan Kerja Autocad 2D (Denah Lantai 1)

Bangunan yang penulis buat adalah bangunan pasar di Kabupaten Karawang, dengan ukuran bangunan 31 x 115 Meter. Memiliki 2 jenis bangunan yaitu yang pertama adalah bangunan pasar kering dan yang kedua adalah bangunan pasar semi basah.

Gambar 3.7. Bahan Kerja Autocad 2D (Denah Lantai 2)

Proyek ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. Bahan kerja berupa Gambar Kerja 2D yang dikirimkan dalam bentuk file Autocad Drawing (.dwg). File tersebut digunakan sebagai bahan kerja yang akan diimport ke dalam program SketchUp.
Di dalam program SketchUp, bahan kerja 2D akan dibuat menjadi 3D. Kemudian didesain sedemikian rupa hingga berbentuk bangunan arsitektur 3D, lengkap dengan bahan material yang digunakan dan layout sesuai dengan kondisi di lapangan.

3.6.3.      Persiapan Keselamatan Kerja
a.         Praktikan mengenakan seragam kerja sesuai dengan aturan yang ada.
b.         Praktikan mengecek seluruh ruangan dan memastikan bahwa tidak ada indikasi akan terjadi korsleting listrik.
c.         Praktikan memastikan tidak ada kabel listrik baik itu dari komputer ataupun alat elektronik lainnya yang acak-acakan, semua harus rapi.
d.         Praktikan memastikan seluruh alat kerja diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan prosedur yang baik & benar.
e.         Praktikan dilarang melakukan aktivitas yang memicu terjadinya korsleting listrik, misalnya menggunakan satu stop kontak untuk banyak cabang.



3.7.       Uraian Langkah Kerja dan Gambar Kerja
3.7.1.      Importing
Gambar 3.8. Import File AutoCad ke SketchUp

          Gambar 3.9. Import File AutoCad ke SketchUp

Tahap importing dilakukan setelah tahap preparing selesai. Dalam tahap importing, caranya dengan klik File >  Import > kemudian ubah format menjadi AutoCad File (dwg) seperti pada gambar 3.9 lalu cari file denahnya dan kemudian klik import. Setelah di-import, langkah selanjutnya adalah membuat section denah.
Gambar 3.1.1. Membuat Denah Lantai 1 di SketchUp

Selanjutnya adalah membuat section denah, yang dimaksud section yaitu bidang pada denah yang akan kitan gunakan untuk modeling nanti. Hasil import tadi masih dalam bentuk garis dan belum membentuk bidang/section, untuk membuat section caranya dengan menimpa ulang denah tadi menggunakan rectangle dan line, hasilnya seperti pada gambar 3.1.1.

Gambar 3.1.2. Membuat Denah Lantai 2 di SketchUp
Lakukan hal yang sama seperti pada denah lantai 1 tadi, kemudian apabila sudah jadi buatlah group pada bidang lantai, dinding dan kolom secara terpisah agar mempermudah dalam pengerjaan.
3.7.2.      Modeling
Gambar 3.1.3. Modeling Kolom Menggunakan SketchUp

Setelah pembuatan denah, selanjutnya membuat modeling bangunannya. Supaya lebih cepat buatlah tinggi lantai 1 (beda tinggi setiap ruangnya) dan juga kolom terlebih dahulu dengan menggunakan perintah “Pull” pada sketchup, seperti gambar 3.1.3.

Gambar 3.1.4. Modeling Kolom lantai 2 Menggunakan SketchUp

Selanjutnya lakukan halnya sama pada lantai 2, dengan membuat plat lantai dan juga kolom lantai 2, seperti pada gambar 3.1.4.



Gambar 3.1.5. Download Material di Warehouse

Setelah modeling kolom selesai kemudian selanjutnya dalah modeling dinding atau penyekat ruangan. Yang digunakan untuk penutup ruangan adalah menggunakan Folding Gate, untuk material Folding Gate bisa dicari dan download di Warehouse. Kemudian buatlah sempel 1 dinding termasuk Folding Gate dan juga baloknya menyatu menjadi 1 dinding lalu buatlah Component ketiga material tersebut.

Gambar 3.1.6. Modeling Dinding Lantai 1 Menggunakan SketchUp

Setelah sempel dindingnya sudah jadi, karena disini  ukuran setiap ruangannya relative sama maka untuk dinding ruangan yang lain tinggal dicopy dari sempel dinding yang telah dibuat tadi kemudian digandakan menggunakan perintah move + ctrl.
 
Gambar 3.1.7. Modeling Dinding Lantai 2 Menggunakan SketchUp

Lakukan hal yang sama pada modeling dinding lantai 2 seperti pada modeling dinding lantai 1 yaitu dengan membuat 1 sempel dinding kemudian menggandakannya.

Gambar 3.1.8. Modeling Rangka dan Penutup  Atap

Tahap selanjutnya membuat rangka atap, disini rangka atap yang penulis gunakan adalah rangka hollow dan penutup atap menggunakan galvalum. Yang pertama adalah membuat rangka hollownya, buatlah 1 sempel rangkanya seperti pada gambar 3.1.7.
Gambar 3.1.9. Modeling Rangka dan Penutup  Atap

Kemudian gandakan ke seluruh bagian atap. Untuk material seperti galvalum dan lain sebagainya bisa di download pada 3D Warehouse.

Gambar 3.2.1. Hasil Akhir Penutup  Atap

Hasil akhir penutup atapnya seperti pada gambar 3.1.9. bagian tepi atapnya menggunakan penutup plat beton dan bagian tenggahnya menggunakan rangka atap hollow dan penutup atap menggunakan galvalum.

Gambar 3.2.2. Modeling Material Tambahan Menggunakan SketchUp

Langkah terakhir modeling adalah membuat variasi pada bangunan seperti pada gambar 3.2.1. (Nama keterangan, list dan lain lain). Masukkan semua eleman yang ingin ditampilkan dalam gambar 3D semaksimal mungkin agar hasilnya juga terlihat bagus.
3.7.3.      Texturing
Setelah selesai membuat model dasar bangunan, tahap selanjutnya adalah pemberian material atau texturing. Selanjutnya adalah melakukan pemberian material pada objek dinding, kusen, kaca, atap dan lain-lain.


Gambar 3.2.3. Memberi Material (Texturing) Menggunakan SketchUp

Cara memberi tekstur pada sketchup adalah yang pertama klik Paint Bucket kemudian kan muncul kotak seperti pada gambar, selanjutnya pilih warna atau material yang akan digunakan kemudian beri warna pada model yang ingin di beri warna atau tekstur. Untuk material yang digrup atau dicomponent kalian tinggal klik 2 kali pada component dan kemudian tinggal memberi warna pada bidang yang diiginkan.
Gambar 3.2.4. Hasil Akhir Texturing Menggunakan SketchUp

3.7.4.      Peletakan Model Pada Layout
Gambar 3.2.5. Membuat Layout Menggunakan SketchUp

Setelah model dibuat dan diberikan tekstur/material, maka tahap selanjutnya adalah pembuatan layout bangunan. Layout yang dibuat harus sesuai dengan kondisi lapangan berdasarkan hasil survey lokasi sebelumnya, baik ukuran, bentuk maupun yang lainnya. Pertama bua layout berupa jalan dan medan tanah seperti pada gambar 3.2.3. buatlah sesuai dengan lapangan menggunakan perintah line, rectangle, pull dan lain-lain.
Gambar 3.2.6. Membuat Layout Menggunakan SketchUp

Selanjutnya adalah membuat layout bengunan sekitar, untuk bangunan tidak perlu dibuat sesuai bentuk aslinya, karena akan memakan waktu yang lama. Buat saja ilustrasi bahwa disekitarnya ada bangunan rumah maupun gendung mengunakan perintah seperti pada pembuatan layout mendan dan jalan.

Gambar 3.2.7. Peletakan Modeling pada Layout Menggunakan SketchUp

Setelah layout sudah jadi selanjutnya dalah peletakan bangunannya pada layout. Gambar modeling yang sudah jadi tadi dicopy atau dipindahkan kedalam layout kemudian disesuaikan dengan tempat dan peletakan sesuai yang direncanakan.
Gambar 3.2.8. Hasil Akhir Modeling 3D SketchUp

3.7.5.      Hasil Akhir 3D Animasi Lumion
Berikut adalah cuplikan hasil akhir dari 3D animasi lumion, perenderan dilakukan melalui lumion dengan mengimport file modeling sketchup yang sudah jadi ke dalam program lumion kemudian menambahkan model seperti tanaman, mobil, objek manusia dan lain-lain.
Setelah semuanya sudah ditambahkan lalu melakukan penyetingan view atau kamera pada lumion. View disini adalah pandangan atau tampilan yang akan dirender ke dalam bentuk video (mp4) kemudian selanjutnya adalah melakukan rending setiap view yang telah dibuat tadi. Tahap akhir adalah melakukan penggabungan dan editing seluruh hasil render dari lumian tadi menggunakan Adobe Premiere Pro dan juga untuk effectnya menggunakan Adobe After Effect. Hasil akhir 3D animasi lumionnya seperti gambar dibawah ini:



BAB IV
PENUTUP
4.1.       Kesimpulan
Dari beberapa pembahasan di atas mengenai pembuatan modeling 3D didapat kesimpulan sebagai berikut:
a.         Dalam Pembuatan  modeling ini dituntut untuk berfikir cepat karena dalam pengerjaannya hanya memiliki waktu yang sangat singkat.
b.        Metode berpikir dalam pembuatan desail visual dapat menggunakan metode intuitif apabila tidak ada ketentuan pada hasil akhir.
c.         Proses modeling memerlukan waktu yang cukup lama karena bangunan yang cukup besar, kurang lebih 31 x 115 meter.

4.2.       Saran
4.2.1.      Kepada Pihak H&R Arsitektur
a.         Penulis berharap agar H&R Arsitektur terus melakukan pengembangan pengembangan serta inovasi untuk memperluas terus cangkupan perusahaan serta menambah kepuasan konsumen.
b.         Penulis berharap agar pihak H&R Arsitektur dapat menerima adik-adik SMK Negeri 2 Wonogiri di tahun-tahun berikutnya untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

4.2.2.      Kepada Pihak SMK Negeri 2 Wonogiri
a.         Penulis berharap agar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Wonogiri mendapat ekstrakurikuler tambahan / mentoring yang mengarah pada bimbingan rutin tentang cara membuat visualisasi 3D dan juga animasi lumion yang baik sesuai dengan kebutuhan dunia industri.
b.         Penulis berharap agar SMK Negeri 2 Wonogiri dapat menerapkan standarisasi nilai UN pada saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun-tahun berikutnya. Semisal dengan menetapkan minimal nilai UN 32,00. Ini dimaksudkan agar seluruh siswa yang mendaftar adalah siswa yang memiliki kompetensi dalam hal akademik. Jadi, jangan mengutamakan kuantitas, tetapi kualitas. Percuma murid banyak tetapi kemampuan akademik sangat kurang. Dan yang terpenting adalah selektif terhadap perilaku peserta didik baru karena, sikap dan perilaku itu susah untuk dididik.

c.         Penulis berharap agar SMK Negeri 2 Wonogiri lebih mempertegas lagi mengenai tata tertib sekolah karena dari tehun ke tahun kesadaran akan tata tertib sekolah terus menurun. Seperti pelanggaran mengenai pelajar yang merokok dan terutama yang membolos sekolah. Karena jika tidak ada tekanan dari pihak sekolah siswa akan semakin banyak yang melanggar tata tertib sekolah








LITERATURE (KEPUSTAKAAN)
Fathoni Arief, 2017. Menggambar Desain Rumah dengan Sketchup. Civil Engineering di Gadjah Mada University.
Fathoni Arief, 2017. Cara Menyajikan Model SketchUp di Layout. Civil Engineering di Gadjah Mada University.
Desain Rumah Digital, 2016. Tutorial Design/Denah Rumah Menggunakan Sketchup Pro 2016.
Rahman, Aulia. 2014. Efektifitas Media Pembelajaran Visual 3D (SketchUp) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menggambar Atap Siswa Kelas XI TGB SMK Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2013/2014. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Agus Setiawan, 2013. Cukup 1 Jam Untuk Bisa Lumion
Amir, Masyita. 2011. Peranan Google SketchUp dan Autodesk Revit Architecture Terhadap Pendidikan Arsitektur. Jakarta: Universitas Indonesia.

Ismail, Tohir. 2010. Modeling 3D Real Time Menggunakan OpenGL. Yogyakarta: STMIK Amikom Yogyakarta.


Komentar